PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 GEROKGAK

Suarjana, Kadek (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1817011111-COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817011111-ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817011111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817011111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817011111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817011111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1817011111-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817011111-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak. (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak dan (3) pengaruh pembelajaran daring dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian kausal. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 119 orang yaitu seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak. Kemudian jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 92 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda yaitui meliputi uji t dan uji F dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS for Windows 16.0. Adapun hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Ho ditolak, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Ho ditolak, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran daring dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Ho ditolak. Pembelajaran daring dan minat belajar siswa berpengaruh sebesar 96,8% terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Gerokgak, dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,968.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Kadek Suarjana
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:00
Last Modified: 20 Jul 2022 03:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item