PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TEORI KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK WANT, DOING AND DIRECTION, EVALUATION, DAN PLANNING UNTUK MENINGKATKAN SELF ACHIEVEMENT SISWA

Dewi, Ni Putu Lokita Asmara (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TEORI KONSELING REALITA DENGAN TEKNIK WANT, DOING AND DIRECTION, EVALUATION, DAN PLANNING UNTUK MENINGKATKAN SELF ACHIEVEMENT SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011029-COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011029-ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011029-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Buku Panduan Teori Konseling Realita Dengan Teknik Want, Doing and Direction, Evaluation, dan Planning Untuk Meningkatkan Self Achievement Siswa. Buku panduan ini dibuat untuk dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolah untuk meningkatkan self achievement siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran modifikasi 4 – D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu sebagai berikut : (1) Tahap Pendefinisian (Define),(2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan subjek 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya adalah 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 2 Kediri untuk menguji validitas isi produk dan 10 orang guru Bimbingan Konseling untuk menguji keberterimaan produk. Untuk menguji keefektifitasan buku panduan, peneliti melibatkan 7 orang siswa sebagai subjek. Dari 22 butir instrument yang digunakan dalam penilaian oleh pakar/ahli, semua butir buku panduan memiliki validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan berkategori sangat sesuai. Pada uji keberterimaan produk yang menggunakan analisis PAIT didapatkan mean sebesar 3,79 yang berkategori B (Baik) sehingga buku panduan layak digunakan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Implementasi Buku Panduan Teori Konseling Realita Dengan Teknik Want, Doing and Direction, Evaluation, dan Planning Efektif Untuk Meningkatkan Self Achievement Siswa dengan thitung 2,691 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES= 1,016 yang berarti efek dari buku panduan untuk meningkatkan self achievement siswa berkategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Konseling, Konseling Realita Teknik WDEP, Self Achievement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Putu Lokita Asmara Dewi
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:31
Last Modified: 20 Jul 2022 03:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item