Setiari, Gusti Ayu Putu (2022) ANALISIS PROSES BISNIS PENGELOLAAN DATA PRESTASI DAN BEASISWA MAHASISWA MENGGUNAKAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) STUDI KASUS: UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815091007-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815091007-ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815091007-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815091007-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Data prestasi dan beasiswa mahasiswa diperlukan dalam berbagai hal seperti akreditasi, pendataan SIMKATMAWA, SKPI, pengambilan keputusan, dan lain- lain. Saat ini, proses bisnis pengelolaan data prestasi dan beasiswa mahasiswa di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sudah berjalan dengan baik, namun perlu dilakukan analisis lebih lanjut guna meningkatkan kinerja proses bisnis dengan melakukan analisis proses bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan mengevaluasi proses bisnis saat ini (as is), memperbaiki proses bisnis dan memodelkan proses bisnis rekomendasi (to be), serta melakukan simulasi untuk mengetahui perbandingan proses bisnis as is dengan to be. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dan pemodelan proses bisnis dilakukan dengan membuat diagram alir menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Proses evaluasi dilakukan dengan memanfaatkan metode Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) serta 5 Why's Analysis untuk menemukan akar permasalahannya. Nantinya proses perbaikan akan menggunakan tools streamlining pada BPI dan hasilnya akan dimodelkan kembali menggunakan BPMN. Simulasi proses bisnis dilakukan dengan menggunakan simulation tools dari Bizagi Modeler dengan hasil sebagai berikut: 1) Proses bisnis as is dan to be dikatakan valid karena nilai input dan output memperoleh nilai yang sama pada indikator process validation; 2) Terjadi peningkatan perbandingan proses bisnis as is dan to be dengan nilai persentase rata-rata 44,85% pada indikator time analysis; 3) Pada indikator resource analysis diperoleh hasil pemanfaatan resource yang lebih efisien dan efektif berkat penambahan resource baru yaitu sistem SSO Undiksha serta penyesuaian job desk masing-masing stakeholder.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis proses bisnis, prestasi, beasiswa, BPMN, BPI, evaluasi, simulasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putu Setiari |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 13:54 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 13:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11844 |
Actions (login required)
View Item |