Anshori, Kurnia Kahfi (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2020/2021 DI MTS TERPADU MARDLATILLAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611021030-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611021030-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (523kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021030-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan rancang bangun multimedia interaktif pada mata pelajaran Pkn. (2) mengetahui hasil validitas multimedia interaktif pada mata pelajaran Pkn menurut para ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk. Penelitian penelitan pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu: ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 6 siswa untuk uji kelompok kecil. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian (1) Proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) Multimedia pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan predikat sangat baik (98,57%). (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan predikat baik (86%) (c) hasil review dari ahli media pembelajaran menunjukkan predikat baik (84,4%). (d) hasil review dari uji perorangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini mendapatkan predikat sangat baik yaitu (94%). (e) hasil review dari uji kelompok kecil menunjukkan predikat sangat baik (94%). Berdasarkan hasil uji ahli di atas, maka sangat memungkinkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia pembelajaran interaktif, ADDIE. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | KURNIA KAHFI ANSHORI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11883 |
Actions (login required)
View Item |