Widiana, I Made (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENURUNKAN KEBOSANAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041035-COVER.pdf Download (880kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041035-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dapat menurunkan kebosanan belajar serta dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN Bali Mandara dengan sampel semua siswa kelas xi mipa 3 yang dipilih berdasarkan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan treatment by subject dan desain randomized pre and post test group atau rancangan sama subjek dengan variabel berupa kebosanan belajar siswa yang diperoleh dengan kuesioner kebosanan belajar yang valid serta reliabel, serta hasil belajar siswa yang diperoleh dari pemberian soal objektif di tahap evaluasi. Perlakuan pada penelitian ini diawali dengan menerapkan perlakuan kontrol atau perlakuan pembelajaran berdiferensiasi, kemudian dilakuakan washing out period/adaptasi selama seminggu dilanjutkan dengan perlakuan eksperiment yaitu penerapan pembelajaran berdifrensiasi. Adapun aspek yang dideferensiasikan yaitu konten, proses dan produk yang disesuaikan dengan kesiapan belajar, minat dan profil siswa yang beragam. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif dan statistik. Analasis deskriptif untuk mencari rerata dan simpangan baku sedangkan analisis statistik dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan t-paired test pada taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai p kebosanan dan hasil belajar setelah perlakuan yaitu 0,0001 (p< 0,05). Itu berarti terdapat penurunan yang signifikan pada penurunan kebosanan belajar sebesar 15,03% dan peningkatan hasil belajar sebesar 12,86%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat menurunkan kebosanan belajar siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi perbaikan dalam penelitian ini difokuskan untuk guru agar menerapkan pembelajaran berdiferensiasi karena dapat menurunkan kebosanan belajar siswa sehingga siswa menjadi nyaman dan membuat hasil belajar siswa menjadi baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Kebosanan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Made Widiana |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11924 |
Actions (login required)
View Item |