THE EFFECT OF POWTOON VIDEO AS LEARNING MEDIA TOWARD STUDENTS’ ENGLISH ACHIVEMENT AND STUDENTS’ RESPONSES

Putu Agus Edy Eka Putra, I Gusti (2022) THE EFFECT OF POWTOON VIDEO AS LEARNING MEDIA TOWARD STUDENTS’ ENGLISH ACHIVEMENT AND STUDENTS’ RESPONSES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021140-COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021140-ABSTRACT.pdf

Download (261kB)
[img] Text (CHAPTER I INTRODUCTION)
1812021140-CHAPTER I INTRODUCTION.pdf

Download (212kB)
[img] Text (CHAPTER II LITERATURE REVIEW)
1812021140-CHAPTER II LITERATURE REVIEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER III RESEARCH METHOD)
1812021140-CHAPTER III RESEARCH METHOD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER IV FINDING AND DISCUSSION)
1812021140-CHAPTER IV FINDING AND DISCUSSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER V CLOSURE)
1812021140-CHAPTER V CLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENCES)
1812021140-References.pdf

Download (198kB)
[img] Text (APPENDIX)
1812021140-Appendix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan video PowToon sebagai media pembelajaran dan respon siswa sebagai pembelajar mandiri. Desain penelitian ini adalah metode campuran sekuensial eksplanatori (Quanti-Quali). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Lab Undiksha. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas A kelas 5 sebagai kelompok Eksperimen yang diajar menggunakan PowToon dan kelas B siswa kelas 5 sebagai kelompok Kontrol yang diajar menggunakan Power-Point. Pengumpulan data dilakukan melalui posttest yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,013. Karena nilai signifikansi 0,013 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil angket, wawancara, dan observasi bahwa siswa yang belajar dengan PowToon lebih termotivasi, lebih mudah dalam memahami materi, dan lebih fokus dalam proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa video PowToon sebagai media pembelajaran efektif untuk membantu siswa dalam belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video PowToon, pelajar mandiri, media pembelajaran, pelajaran Bahasa inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Putu Agus Edy Eka Putra
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:42
Last Modified: 21 Jul 2022 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11944

Actions (login required)

View Item View Item