Meliana, Pande Kadek Ayu Dina (2022) PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII A2 SMP NEGERI 1 MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011033-COVER.pdf Download (687kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011033-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah operasional yang ditempuh guru terkait penggunaan Micorosoft Teams pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Melaya dan (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru terkait penggunaan Microsoft Teams pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Melaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh beberapa langkah yang ditempuh oleh guru dalam penggunaan Micorosoft Teams pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Melaya. Secara keseluruhan, langkah-langkah pembelajaran daring yang ditempuh oleh guru menggunakan Micorosoft Teams tetap mengacu pada RPP yang dibuat oleh guru sesuai dengan Kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik. Langkah-langkah pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan inti dilakukn tahapan-tahapan pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintiffik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru terkait penggunaan Microsoft Teams pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII A2 SMP Negeri 1 Melaya, yaitu (1) guru mengalami kesulitan karena keterbatasan dalam bidang teknologi; (2) guru mengalami kesulitan membangkitkan motivasi siswa untuk disiplin dalam mengikuti pembelajaran daring; (3) guru mengalami kesulitan dalam pengawasan dan penilaian diskusi pada pembelajaran daring menggunakan Microsoft Teams; (4) guru mengalami kesulitan melatih keterampilan berbahasa; dan (5) guru mengalami kesulitan dalam bidang sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Microsoft Teams, Learning Management System, bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Pande Kadek Ayu Dina Meliana |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11985 |
Actions (login required)
View Item |