Kesuma, I Putu Gede Arya Wahyu Dyatmika (2022) PERMASALAHAN DAN SOLUSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031017-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031017-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan permasalahan dan solusi dalam pengelolaan pembelajaran kimia secara daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru kimia, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pengawas, dan siswa. Objek penelitian ini yaitu aktivitas pengelolaan pembelajaran kimia secara daring termasuk permasalahan yang terjadi dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi permaslahan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen dan wawancara. Data penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pengelolaan pembelajaran kimia secara daring yang dilakukan belum berjalan dengan baik. (2) Permasalahan pembelajaran daring dialami oleh guru dan siswa. Permasalahan yang dialami guru yaitu kurangnya penguasaan IT, kesulitan merancang desain pembelajaran, kekurangan waktu merancang pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran tidak sesuai RPP, partisipasi dan respon siswa yang rendah, keterlambatan siswa mengumpulkan tugas, sulit menentukan tingkat pemahaman siswa, sulit mengetahui kondisi siswa, dan keterlambatan pengumpulan laporan belajar. Permasalahan yang dialami siswa meliputi sulit memahami materi pembelajaran, jam belajar yang singkat, banyak tugas, koneksi tidak stabil, kuota terbatas, dan kondisi rumah tidak kondusif. (3) Solusi yang dilakukan guru antara lain melakukan diskusi dengan guru lain, mengikuti pelatihan, menyiapkan perangkat yang lebih baik, memberikan tugas-tugas, melakukan tes mendadak, teguran, pemanggilan orang tua. Solusi yang dilakukan pihak sekolah meliputi mengadakan pelatihan, pendampingan, bimbingan dan pembinaan selama pembelajaran daring, siklus dibuat lebih fleksibel, disiapkan sarana dan prasarana yang lebih baik. (4) Tindakan solusi yang dilakukan belum berhasil mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran daring, permasalahan, dan solusi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | I Putu Gede Arya Wahyu Dyatmika Kesuma |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12002 |
Actions (login required)
View Item |