Gunawati, Eva (2022) ANALISIS KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMA NEGERI 8 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011055-COVER.pdf Download (636kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011055-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011055-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan solusi pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, namun terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis kendala pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 8 Denpasar dan mengetahui alternatif solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 283 siswa yang berasal dari kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 8 Denpasar. Data dikumpulkan melalui observasi, kuisioner dan wawancara. Observasi dilakukan pada kelas terpilih menggunakan aspek pada instrumen penilaian PLPbD Undiksha. Sedangkan kuisioner yang disebarkan adalah kuisioner tertutup menggunakan acuan likert skala 4. Hasil penelitian ini menunjukkan kendala eksternal yang dialami siswa diantaranya, gangguan pada aplikasi pembelajaran, kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring, pembelajaran yang kurang efektif dan bervariasi, kesulitan atau gangguan sinyal, kehabisan kuota internet, dan minimnya peran dan respon orang tua terhadap proses belajar siswa. Adapun kendala internal yang didapatkan yaitu rendahnya indikator bakat dengan persentase 55%, minat dengan persentase 61%, dan kesehatan siswa dengan persentase 62% dari total skor yang seharusnya didapatkan. Untuk itu diperlukan adanya upaya dari guru dan orang tua dalam membimbing siswa. Secara umum terdapat tiga alternatif solusi yang dapat dilakukan atau ditingkatkan untuk mengatasi kendala pembelajaran matematika secara daring yaitu, memberi variasi metode mengajar, menyediakan waktu yang cukup untuk terlibat dalam proses belajar anak, serta memberikan penghargaan dan respon positif terhadap setiap prestasi belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendala, Solusi, Daring, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI LUH GEDE EVA GUNAWATI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12025 |
Actions (login required)
View Item |