Krisnawati, Luh Indah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IBB 1 SMAS KARYA WISATA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011077-COVER.pdf Download (687kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011077-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011077-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Motivasi dan hasil belajar yang rendah merupakan kendala yang sering dihadapi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas, khususnya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk kolaborasi antara peneliti dengan guru bidang studi matematika kelas X SMAS Karya Wisata Singaraja. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IBB 1 SMAS Karya Wisata Singaraja tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 22 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan kuesioner. Data dianalisis secara kuantitatif. Data hasil belajar matematika siswa dinyatakan dengan rata-rata skor hasil belajar matematika yang selanjutnya dikualifikasikan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sementara itu, data motivasi belajar matematika siswa dinyatakan dengan persentase motivasi belajar setiap siswa dan persentase motivasi siswa per kriteria. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan yaitu 28,64, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi rata-rata 69,27. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan kembali menjadi 76,73. Skor motivasi belajar matematika siswa sebelum tindakan berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 57,27 dan mengalami peningkatan pada akhir siklus II dimana skor motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 76,53.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran auditory intellectually repetition, peningkatan, motivasi belajar, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luh Indah Krisnawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:53 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12073 |
Actions (login required)
View Item |