Aisyah Luthfi, Wardani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021010-ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1813021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021010-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran project based learning (PjBL-STEM) dan model pembelajaran direct instruction (DI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experiment dengan desain one way pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Denpasar dengan jumlah populasi 359 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple randomize berbasis kelompok. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah sampel 88 siswa, sedangkan kelompok kontrol terdiri dari siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 8 dengan jumlah sampel 91 siswa. Jumlah seluruh sampel pada penelitian ini sebanyak 179 siswa. Keterampilan berpikir kreatif siswa diukur dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk 15 butir soal essay yang memiliki konsistensi internal butir bergerak antara r = 0,42 – 0,72 (tinggi) dan reliabilitas tes sebesar α = 0,807 (sangat tinggi). Data yang diperoleh dianalisis secara analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dan uji lanjut Least Significant Difference (LSD). Data yang didapatkan telah diuji asumsi sebagai prasyarat uji ANAKOVA satu jalur, dan telah memenuhi semua uji asumsi. Hasil uji ANAKOVA satu jalur yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL-STEM dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI (F=31,980;α=0,000). Hasil uji LSD yang dilakukan didapatkan nilai rata-rata untuk kelompok PjBL-STEM memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding kelompok DI (µ = 7,287 > LSD = 2,661). Hasil Uji LSD yang dilakukan mendapat hasil bahwa terdapat perbedaan secara signifikan pada nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL�STEM dengan yang belajar menggunakan DI serta nilai rata-rata kelompok PjBL�STEM lebih tinggi dibanding kelompok DI. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa model pembelajaran PjBL-STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, stem, pjbl-stem, direct instruction, keterampilan berpikir kreatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Aisyah Luthfi Wardani |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:42 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12098 |
Actions (login required)
View Item |