PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS DISCOVERY LEARNING TEMA OLAHRAGA JANTUNG SEHAT

Srinadi, Desak Nyoman (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS DISCOVERY LEARNING TEMA OLAHRAGA JANTUNG SEHAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071022-ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071022-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan produk bahan ajar yaitu modul IPA Terpadu berbasis discovery learning tema olahraga jantung sehat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik modul IPA Terpadu serta menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keterbacaan modul IPA Terpadu. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan dengan langkah pengembangan yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun, pada penelitian ini langkah pengembangan hanya dilaksanakan sampai pada tahap develop. Subjek uji coba produk meliputi pengujian validitas melibatkan dua orang Ahli Pendidikan IPA, pengujian kepraktisan melibatkan lima orang guru IPA dan pengujian keterbacaan melibatkan sepuluh orang peserta didik. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan istrumen angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) karakteristik modul IPA Terpadu terdiri dari: (a) dikembangkan dengan tema olahraga jantung sehat; (b) berbasis discovery learning dan (c) memuat unsur modul yang lengkap serta fitur tambahan. (2) Modul IPA Terpadu memperoleh kualifikasi sangat valid dengan skor 1. (3) Modul IPA Terpadu memperoleh kualifikasi sangat praktis dengan skor 4,35. (4) Modul IPA Terpadu memperoleh kualifikasi terbaca dengan skor 4,14. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modul IPA Terpadu berbasis discovery learning tema olahraga jantung sehat memiliki kualifikasi sangat valid, sangat praktis dan terbaca, sehingga dapat dilanjutkan ke pengujian efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul, IPA Terpadu, discovery learning, olahraga jantung sehat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Desak Nyoman Srinadi
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:05
Last Modified: 21 Jul 2022 03:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item