Putra, Komang Agus Pramana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP N 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011005-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011005-LAMPIRAN.pdf Download (34MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk: (1) membuat rancang bangun (storyboard) media pembelajaran interaktif bangun ruang sisi datar; (2) mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran interaktif bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan model ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi terbatas serta evaluasi formatif (per-tahap) dan evaluasi sumatif secara terbatas. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan dengan instrumen evaluasi media yang diisi oleh ahli materi dan ahli media, data pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan tes yang diberikan kepada siswa setelah mencoba media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dari aspek materi dengan rata – rata skor ahli materi sebesar 4,55 dari skor maksimal 5,00, dan sangat layak digunakan dari aspek media dengan rata – rata skor dari ahli media sebesar 4,625 dari skor maksimal 5,00. Media pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dan memiliki kebermanfaatan yang baik bagi guru dan siswa dengan rata – rata skor kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,46 dengan kriteria sangat tinggi dan analisis angket respon siswa sebesar 4,57 dengan kriteria sangat tinggi. Akhirnya, uji efektivitas memperoleh presentase ketuntasan siswa sebesar 95% sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki efektivitas yang sangat baik. Mencermati hasil tersebut, direkomendasikan untuk menggunakan media tersebut dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, media pembelajaran interaktif, bangun ruang sisi datar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Agus Pramana Putra |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12105 |
Actions (login required)
View Item |