The Analysis of Teachers’ Strategies in Teaching English on Online Learning Class

Dewi, Ni Luh Fitri Kartika (2022) The Analysis of Teachers’ Strategies in Teaching English on Online Learning Class. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021040-COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021040-ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021040-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021040-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metodologi pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris online di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur selama masa pandemi Covid-19. Hal ini relevan dengan strategi yang digunakan guru di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur dalam mengajar bahasa Inggris di kelas online learning. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan dua guru bahasa Inggris yang mengajar siswa kelas tujuh dan delapan di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur. Penelitian ini menggunakan gagasan Hamruni tentang strategi mengajar. Daftar periksa observasional, aturan wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedua guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur menggunakan lima strategi pengajaran berdasarkan teori Hamruni, yaitu pengajaran langsung, pengajaran tidak langsung, strategi pengajaran interaktif, strategi pengalaman/empiris, dan strategi mandiri. Ditemukan juga bahwa mayoritas dari kedua guru tersebut menggunakan strategi yang sama untuk mengajar bahasa Inggris di kelas pembelajaran online, yaitu strategi pengajaran langsung, pengajaran tidak langsung, pengajaran interaktif, dan pengajaran mandiri. 2) Keefektifan strategi yang digunakan Berdasarkan teori Hamruni, kedua guru bahasa Inggris tersebut menjelaskan bahwa strategi ini telah berjalan dengan sukses. Meski demikian, dua guru di SMP Negeri 2 Selamdeg Timur menghadapi berbagai tantangan selama prosedur pembelajaran online. Meski demikian, kedua guru di SMP Negeri 2 Selemadeg Timur ini mampu mengatasi tantangannya. Strategi ini juga dapat membantu siswa memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru, serta menumbuhkan inisiatif siswa, kemandirian, dan pertumbuhan pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris, Strategi Guru, Pembelajaran Online
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Fitri Kartika Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2022 20:56
Last Modified: 21 Jul 2022 20:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item