THE IMPLEMENTATION OF POWTOON FOR THE FOURTH GRADERS IN AN AUTONOMOUS LEARNING CONTEXT: STUDENTS’ ACHIEVEMENT AND RESPONSES

Yanti, Ni Made Widekusuma (2022) THE IMPLEMENTATION OF POWTOON FOR THE FOURTH GRADERS IN AN AUTONOMOUS LEARNING CONTEXT: STUDENTS’ ACHIEVEMENT AND RESPONSES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021128-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021128-ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021128-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021128-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021128-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021128-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021128-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021128-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021128-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penggunaan video PowToon sebagai media pembelajaran dalam mendukung kemandirian belajar siswa dan respon siswa terhadap penggunaan video PowToon. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah sequential explanatory mixed-method (Quan-Qual). Populasi dan sampel penelitian ini adalah 46 siswa kelas IV SD Lab. Undiksha. Kelas 4A dipilih sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan media pembelajaran video PowToon, sedangkan kelas 4B sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan media lain (PowerPoint). Data diperoleh melalui posttest yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dimana kelompok eksperimen memiliki hasil prestasi belajar yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Dari hasil uji hipotesis (Mann-Whitney U), didapatkan nilai signifikan 0.009 < 0.05 dan menghasilkan ukuran efek sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki pengaruh yang signifikan sesudah menggunakan media pembelajaran. Hal ini juga didukung dengan hasil angket dan pedoman wawancara bahwa siswa yang belajar dengan video PowToon lebih termotivasi dalam belajar yang membantu mereka untuk belajar secara mandiri. Hal ini menunjukkan bahwa video PowToon memiliki efek dalam meningkatkan prestasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan membantu siswa untuk belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PowToon, pembelajaran mandiri, media pembelajaran, prestasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Made Widekusuma Yanti
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:10
Last Modified: 21 Jul 2022 04:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item