Dwitayanti, Ni Made Tania (2022) Analisis Semiotika Komik Digital Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Teks Anekdot pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011052-COVER.pdf Download (972kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011052-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812011052-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011052-LAMPIRAN.pdf Download (431kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur semiotika dalam komik digital Webtoon sebagai wahana anekdot serta implikasi penggunaan komik digital Webtoon sebagai media pembelajaran teks anekdot pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce meliputi representamen (ikon, indeks, simbol), interpretant, dan object. Sumber data penelitian ini adalah 10 episode Webtoon “Lucunya Hidup Ini” yakni, (1) Ep 20 – Berita Terkini, (2) Ep 23 – Jumlah Followers, (3) Ep 35 – Pengemis, (4) Ep 42 – Tikus!, (5) Ep 47 – Dipanggil Ortu, (6) Ep 93 – Perlindungan Konsumen, (7) Ep 105 – Sinyal, (8) Ep 208 - Hati-Hati, (9) Ep 241 – Peduli, dan (10) Ep 242-Berapa kali. Data dikumpulkan menggunakan metode simak dengan teknik catat dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskritif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) komik digital Webtoon “Lucunya Hidup Ini” mengandung anekdot dengan mengangkat tema mengenai permasalahan sosial, gaya hidup, ekonomi, politik, keluarga, hukum, dan pendidikan moral. Makna tersirat yang ditemukan berupa penyampaian informasi hoax, dampak media sosial terhadap kebaikan, mudahnya perkerjaan pengemis, kasus korupsi e-KTP, mengabaikan orang tua, UU ITE, dampak gawai, youtuber yang dipenjara karena mengumpat di muka umum, sikap peduli, dan anak yang lupa untuk membahagiakan ibu. (2) Komik digital Webtoon khususnya “Lucunya Hidup Ini” berimplikasi sebagai media pembelajaran teks anekdot seperti memiliki relevansi yang sama dengan unsur teks anekdot yaitu terdapat, judul, tokoh, bersifat humor, kritik atau sindiran, cerita singkat, menarik, dan nyata. Komik Digital Webtoon pemicu daya tarik siswa terhadap pembelajaran teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anekdot. komik webtoon. media pembelajaran. semiotika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NE Print media T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Tania Dwitayanti |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:26 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12144 |
Actions (login required)
View Item |