Sutrisnawati, Japa (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI SMP NEGERI 2 ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011029-COVER.pdf Download (183kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011029-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui Belajar Dari Rumah (BDR); mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika; dan mengetahui kendala pelaksanaan pembelajaran matematika serta solusi pemecahannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Abiansemal kelas VII tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah populasi 333 siswa terbagi menjadi 11 rombel. Sampel diambil dengan Teknik proporsional random sampling berjumlah 175 siswa. Pengumpulan data diambil dengan metode kuesioner, wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapat simpulan sebagai berikut: 1) Capaian nilai kuesioner belajar dari rumah yang terdiri dari tiga aspek yaitu: Kesiapan infrastrutkur; Kesiapan Siswa; Peran Guru, dan Orang Tua dalam Pembelajaran didapat sebesar 69,81 dengan kualifikasi (baik). 2) Pembelajaran matematika dilakukan setiap senin dengan alokasi waktu dua jam secara daring dan luring. 3) Kendala utama dalam keterlaksanaan pembelajaran dari rumah adalah Belum semua siswa punya laptop; Belum semua siswa punya gawai sendiri; Ketersediaan jaringan dan biaya pulsa yang dimiliki oleh guru dan siswa masih terbatas; Sebagian siswa kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran dari rumah. Sedangkan solusi yang sudah dilakukan oleh satuan pendidikan adalah: menyediakan tenaga pendamping pembelajaran di sekolah; Pemerintah daerah memberikan bantuan laptop dan program wifi gratis masuk rumah; Guru melakukan diklat penggunaan media pembelajaran dan aplikasi LMS melalui MGMP sekolah dengan pendampingan dari pengawas sekolah; dan Sekolah menghubungi orang tua/wali dan atau melakukan kunjungan rumah untuk melihat kondisi belajar siswa serta proses pendampingan orang tua saat siswa dalam belajar di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BDR, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Japa Sutrisnawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12230 |
Actions (login required)
View Item |