PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE DI SMK NEGERI 1 KUBU

Melyawati, Ni Putu (2022) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE DI SMK NEGERI 1 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015017001-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015017001-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015017001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015017001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015017001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015017001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015017001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015017001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015017001-LAMPIRAN.pdf

Download (642kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Role Playing dengan media audio visual untuk mata pelajaran front office dengan materi menangani reservasi individu di kelas XI PH SMK Negeri 1 Kubu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang tahapan langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI PH 1 SMK Negeri 1 Kubu yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantatif deksriptif dengan melakukan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing berbantuan audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa terkait mata pelajaran front office untuk siswa kelas XI PH SMK Negeri 1 Kubu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan keterampilan siswa pada pretest yakni hanya sebesar 14,3%, kemudian mengalami peningkatan sebesar 28,6% sehingga pada siklus I hasil persentase ketuntasan siswa menjadi 42,9%. Selanjutnya, pada siklus II hasil persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 45,7% sehingga pada siklus ini hasil meningkat menjadi 88,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Audio visual, Front Office, SMKN 1 Kubu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Ni Putu Melyawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:53
Last Modified: 21 Jul 2022 07:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12259

Actions (login required)

View Item View Item