ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Cahyaningrum, Kadek Ayu Kusuma (2022) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011074-COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011074-ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011074-LAMPIRAN.pdf

Download (489kB)

Abstract

Analisis hasil belajar matematika pada ranah kognitif perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam peserta didik telah menguasi suatu kompetensi tertentu. Kajian penguasaan kompetensi peserta didik dalam belajar matematika berkaitan ranah kognitif Bloom revisi masih relatif kurang dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.9 SMP Negeri 6 Singarja tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan belajar matematika yang digunakan telah diuji terlebih dahulu validitas dan reabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar siswa diklasifikasikan berdasarkan tiap indikator soal atau tingkatan kognitif soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada katagori mengingat tergolong sangat baik dengan persentase 100% peserta didik mampu mengingat dengan sangat baik, hasil belajar pada katagori memahami tergolong sangat baik dengan persentase 98% peserta didik mampu memahami dengan sangat baik, hasil belajar pada katagori mengaplikasikan tergolong sangat baik dengan persentase 92% peserta didik mampu mengaplikasikan dengan sangat baik, hasil belajar pada katagori menganalisis tergolong kurang baik dengan persentase 55% peserta didik kurang baik dalam menganalisis, hasil belajar pada katagori mengevaluasi tergolong kurang baik dengan persentase 48% peserta didik kurang baik dalam mengevaluasi, dan hasil belajar pada katagori mengkreasi tergolong kurang baik dengan persentase 41% peserta didik kurang baik dalam mengkreasi. Secara keseluruhan hasil belajar pada materi bangun ruang sisi lengkung tergolong dalam katagori baik dengan rata-rata persentase sebesar 72%. Namun, masih ditemukannya beberapa kekeliruan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan belajar matematika yaitu kesalahan menuliskan operasi hitung, kesalahan melakukan perhitungan, salah menggunakan rumus, tidak mencantumkan langkah-langkah penyelesaian maupun tidak mengecek kembali jawaban yang sudah dibuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Taksonomi Bloom Revisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Kusuma Cahyaningrum
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:15
Last Modified: 21 Jul 2022 06:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12299

Actions (login required)

View Item View Item