Rumiartini, Ni Kadek Asri (2022) Pengembangan Modul Digital Multimodal Berbasis Masalah Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011087-COVER.pdf Download (298kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011087-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011087-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011087-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang kian pesat sangatlah berdampak pada seluruh bidang kehidupan, diantaranya adalah bidang pendidikan. Sebagai tolak ukur pengimplementasian kurikulum 2013, budaya dan teknologi menjadi kombinasi yang tepat diterapkan dalam pembelajaran saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan modul digital multimodal berbasis masalah etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk dapat mendukung pembelajaran yang dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi tanpa meninggalkan nilai budaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), yang mana pada penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap uji coba terbatas untuk dapat mengetahui validitas dan kepraktisan modul digital yang dikembangkan. Format bahan ajar modul digital dikemas dengan menggunakan aplikasi Exe-Learning yang di dalamnya memuat aktivitas siswa, video pembelajaran, media geogebra, evaluasi. Berdasarkan uji validitas materi oleh 2 ahli, diperoleh validitas sebesar 4,45 termasuk dalam kategori sangat Tinggi dan uji validitas media oleh 2 ahli, diperoleh validitas sebesar 4,875 masuk dalam kategori Sangat Tinggi. Setelah dilaksanakan uji validitas produk, juga dilaksanakan uji coba terbatas untuk dapat mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Uji coba terbatas dilaksanakan oleh guru dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar. Berdasarkan uji coba tersebut didapatkan nilai kepraktisan modul digital sebesar 4,3 dengan kriteria sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Digital, Pendekatan Multimodal, Etnomatematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Asri Rumiartini |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:24 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12320 |
Actions (login required)
View Item |