PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF KEARJINAN BAHAN LUNAK PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Hermawan, Kadek Arya (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF KEARJINAN BAHAN LUNAK PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051024-COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051024-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1615051024-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051024-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Belajar merupakan suatu proses atau usaha yang memperlhatkan perubahan terhadap tingkah laku sebagai bukti dari adanya perkembangan. Dalam prosesnya, belajar bisa dilaksanakan diaman saja dan kapan saja dengan bantuan teknologi saat ini. Dilihat dari adanya teknologi saat ini maka perlu adanya pengembangan konten pembelajaran interaktif khususnya pada mata pelajaran prakarya, materi kerajinan bahan lunak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah konten pembelajaran interaktif berbasis pada Articulate Storyline untuk melihat respon pendidik dan peserta didik serta mengetaui peningkatkan prestasi belajar siswa terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif kerajinan bahan lunak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (R&D) Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil kevalidan yang diperoleh dari penelitian berdasarkan dari uji ahli isi serta uji ahli media-desain pada konten pembelajaran interaktif memperoleh nilai validitas sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 1,00. Hasil uji efektivitas yang diperoleh kategori efektif dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,71. Hasil uji respons peserta didik serta pendidik memperoleh kategori sangat tinggi dengan masing-masing mendapat nilai sebesar 64,3 untuk peserta didik dan 48 untuk pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline, kerajinan bahan lunak, konten pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Kadek Arya Hermawan
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:00
Last Modified: 21 Jul 2022 08:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

View Item View Item