Surya, I Gede (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SD TEMA 7 DI GUGUS X KECAMATAN KINTAMANI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041050-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041050-ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (784kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041050-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen hasil belajar IPA dan sikap toleransi siswa kelas IV SD yang valid dan reliabel pada Gugus X Kecamatan Kintamani. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, and disseminate. Namun tahap disseminate tidak dilakukan diakibatkan oleh terjadinya sebuah pandemi Covid19. Pada tahap define, dilakukan penyusunan kisi-kisi instrumen hasil belajar IPA dan sikap toleransi. Pada tahap design, kisi-kisi tersebut dijabarkan menjadi butir instrumen. Pada tahap develop, dilakukan uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitas oleh validator. Untuk menguji instrumen hasil belajar IPA menggunakan rumus KR20 sedangkan instrumen sikap toleransi menggunakan rumus Alpha Cronbach. Subjek penelitian melibatkan dua orang dosen ahli dan tiga orang rekan guru kelas IV yang berperan sebagai validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen hasil belajar IPA dengan bentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai α = 0,72. Hasil instrumen sikap toleransi siswa dengan bentuk angket yang terdiri dari 25 butir pernyataan dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai r11 = 0,83.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, instrumen, sikap toleransi |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Gede Surya |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 09:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 09:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12352 |
Actions (login required)
View Item |