PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI SMA NEGERI 2 TABANAN

Lusiana, Leny (2022) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI SMA NEGERI 2 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011031-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011031-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011031-LAMPIRAN.pdf

Download (534kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan (1) prosedur penggunaan media video animasi powtoon dalam pembelajaran teks drama di SMA Negeri 2 Tabanan serta (2) respons siswa terhadap penggunaan media video animasi powtoon dalam pembelajaran teks drama di SMA Negeri 2 Tabanan. Penelitian ini memakai rancangan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI Mia-4. Objek penelitian ini yaitu penggunaan media video animasi powtoon dalam pembelajaran teks drama. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode observasi, wawancara serta angket. Analisis data dilaksanakan dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) prosedur penggunaan media video animasi powtoon adalah guru membagikan link, kemudian guru memanfaatkan media pembelajaran, serta guru membimbing siswa untuk mempelajari materi serta (2) respons siswa terhadap penggunaan media video animasi powtoon adalah positif (rata-rata respons sebesar 40). kesimpulan penelitian ini adalah (1) prosedur penggunaan media video animasi powtoon praktis dan efesien; (2) respons siswa terhadap penggunaan media video animasi powtoon berkategori positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teks Drama, Media Pembelajaran, Video Animasi Powtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: LENY LUSIANA
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:07
Last Modified: 22 Jul 2022 02:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12429

Actions (login required)

View Item View Item