Wisaka, I Gusti Ngurah Bagus Rona (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Senam Lantai Berorientasi Information And Communication Technology, Technologycal Pedagogycal And Content Knowledge. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011096-COVER.pdf Download (750kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011096-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011096-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011096-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011096-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan media audio visual berorientasi ICT TPACK dalam pembelajaran PJOK merupakan hal urgen saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tugas gerak guling ke depan dan guling ke belakang untuk peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan rancangan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri atas peserta didik berjumlah 2.582 orang. Sampel penelitian terdiri atas peserta didik kelas VIII berjumlah 501 orang, berasal dari 8 SMP Negeri di Kecamatan Buleleng. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dalam bentuk google form dan lembar validasi tugas gerak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) 93% (466 orang) peserta didik membutuhkan video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi guling depan dan belakang, 2) pada tahap perancangan dilakukan penyusunan tujuan pembelajaran, pemilihan software, merancang storyboard dan flowchart, 3) dalam tahap pengembangan dilakukan proses rekaman video, audio, editing, uji ahli isi dan praktisi dengan rerata 95% dengan kategori sangat baik dan uji ahli media dan praktisi dengan rerata 96% dengan kategori sangat baik, 4) di tahap implementasi dilaksanakan uji perorangan dan uji kelompok kecil yang memperoleh skor 3,00 yang termasuk kedalam kategori sangat baik, 5) kemudian di tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk video tugas gerak dapat di gunakan untuk mengajar peserta didik kelas VIII. Guru PJOK SMP Negeri di Kecamatan Buleleng dapat mengimplementasikan tugas gerak guling depan dan belakang yang dirancang melalui penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guling ke Depan, Guling ke Belakang, ICT TPACK, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Bagus Rona Wisaka |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 01:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12461 |
Actions (login required)
View Item |