Pengembangan Media Pembelajaran Senam Lantai Berorientasi Information And Communication Technology, Technologycal Pedagogycal And Content Knowledge

Wisaka, I Gusti Ngurah Bagus Rona (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Senam Lantai Berorientasi Information And Communication Technology, Technologycal Pedagogycal And Content Knowledge. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011096-COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011096-ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011096-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011096-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011096-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media audio visual berorientasi ICT TPACK dalam pembelajaran PJOK merupakan hal urgen saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tugas gerak guling ke depan dan guling ke belakang untuk peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan rancangan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri atas peserta didik berjumlah 2.582 orang. Sampel penelitian terdiri atas peserta didik kelas VIII berjumlah 501 orang, berasal dari 8 SMP Negeri di Kecamatan Buleleng. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dalam bentuk google form dan lembar validasi tugas gerak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) 93% (466 orang) peserta didik membutuhkan video tugas gerak pembelajaran PJOK pada materi guling depan dan belakang, 2) pada tahap perancangan dilakukan penyusunan tujuan pembelajaran, pemilihan software, merancang storyboard dan flowchart, 3) dalam tahap pengembangan dilakukan proses rekaman video, audio, editing, uji ahli isi dan praktisi dengan rerata 95% dengan kategori sangat baik dan uji ahli media dan praktisi dengan rerata 96% dengan kategori sangat baik, 4) di tahap implementasi dilaksanakan uji perorangan dan uji kelompok kecil yang memperoleh skor 3,00 yang termasuk kedalam kategori sangat baik, 5) kemudian di tahap evaluasi dapat dinyatakan bahwa produk video tugas gerak dapat di gunakan untuk mengajar peserta didik kelas VIII. Guru PJOK SMP Negeri di Kecamatan Buleleng dapat mengimplementasikan tugas gerak guling depan dan belakang yang dirancang melalui penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guling ke Depan, Guling ke Belakang, ICT TPACK, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Bagus Rona Wisaka
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:47
Last Modified: 22 Jul 2022 01:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item