Artisandi, Putu Dian (2022) TEACHERS’ AND STUDENTS’ EXPERIENCES IN THE IMPLEMENTATION OF ONLINE ENGLISH LEARNING AT SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021011-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021011-ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (541kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021011-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman belajar guru dan murid selama online learning, tantangan-tantangan yang dihadapi serta solusi yang digunakan guru dan murid untuk mengahadapinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dasar dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris dan 31 siswa kelas bahasa dari kelas X, XI, dan XII SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner ditemukan bahwa system pembelajaran di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dilaksanakan secara online disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa selama masa pandemi. Guru dan siswa menghadapi tantangan seperti kesulitan komunikasi, feeling isolated, menurunnya motivasi belajar, menurunnya kualitas belajar mengajar, dan dampak psikologis selama online learning. Solusi yang guru dan siswa lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut dengan mencari tempat yang memiliki koneksi internet yang baik, menjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa, membagikan kata-kata positif, memotivasi diri demi mewujudkan masa depan yang cerah, memberikan media pembelajaran yang menarik dan membangun climate belajar yang seru, serta melakukan healing dan focus membahagiakan diri selama masa pandemic untuk mengurangi dampak psikologis. Dengan demikian, itulah pengalaman belajar, tantangan, dan solusi yang guru dan siswa lakukan selama online learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran online, pengalaman belajar, tantangan, solusi, guru dan murid, Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Dian Artisandi |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 05:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 05:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12481 |
Actions (login required)
View Item |