TEACHERS’ AND STUDENTS’ EXPERIENCES IN THE IMPLEMENTATION OF ONLINE ENGLISH LEARNING AT SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Artisandi, Putu Dian (2022) TEACHERS’ AND STUDENTS’ EXPERIENCES IN THE IMPLEMENTATION OF ONLINE ENGLISH LEARNING AT SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021011-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021011-ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (541kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021011-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman belajar guru dan murid selama online learning, tantangan-tantangan yang dihadapi serta solusi yang digunakan guru dan murid untuk mengahadapinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dasar dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris dan 31 siswa kelas bahasa dari kelas X, XI, dan XII SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan kuesioner ditemukan bahwa system pembelajaran di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dilaksanakan secara online disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa selama masa pandemi. Guru dan siswa menghadapi tantangan seperti kesulitan komunikasi, feeling isolated, menurunnya motivasi belajar, menurunnya kualitas belajar mengajar, dan dampak psikologis selama online learning. Solusi yang guru dan siswa lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut dengan mencari tempat yang memiliki koneksi internet yang baik, menjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa, membagikan kata-kata positif, memotivasi diri demi mewujudkan masa depan yang cerah, memberikan media pembelajaran yang menarik dan membangun climate belajar yang seru, serta melakukan healing dan focus membahagiakan diri selama masa pandemic untuk mengurangi dampak psikologis. Dengan demikian, itulah pengalaman belajar, tantangan, dan solusi yang guru dan siswa lakukan selama online learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran online, pengalaman belajar, tantangan, solusi, guru dan murid, Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Dian Artisandi
Date Deposited: 22 Jul 2022 05:00
Last Modified: 22 Jul 2022 05:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12481

Actions (login required)

View Item View Item