PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI KEPERAWATAN

Tri Witari, Ni Komang (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051024-ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1715051024-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051024-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sumber belajar yang bersifat monoton yang hanya memaparkan materi-materi dan tidak adanya kreasi berupa gambar ataupun video yang mengakibatkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Ketersediaan buku sebagai bahan ajar yang seharusnya dimiliki oleh setiap peserta didik hanya dimiliki oleh guru pengampu mata pelajaran yang mengakibatkan peserta didik mencari materi tambahan melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengimplementasikan dan mendeskripsikan respon guru serta peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Asisten Keperawatan 1 dan guru pengempu mata pelajaran komunikasi keperawatan. Berdasarkan hal tersebut maka diperolehlah sebuah produk konten pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dan implementasi konten pembelajaran interaktif berbasis discoery learning pada mata pelajaran komunikasi keperawatan berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi, ahli desain dan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid, hasil uji efektifitas dengan memberikan pre-test dan post-test memperoleh nilai ¬N-Gain sebesar 0,78 dengan interpretasi “efektif” dan hasil dari perhitungan respons guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 44 dan skor rata-rata peserta didik sebesar 62.58 dengan kategori “sangat praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Komunikasi Keperawatan, Konten Interaktif, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Komang Tri Witari
Date Deposited: 22 Jul 2022 12:28
Last Modified: 22 Jul 2022 12:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item View Item