UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 BANJAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Adnyana, I Kadek Martin Dwi (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 BANJAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011086-COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011086-ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011086-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011086-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011086-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing atas bolavoli melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 4 Banjar tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK (action research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 4 Banjar Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 peserta didik. Urutan kegiatan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan RPP, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar aspek sikap pada siklus I yaitu sebesar 94%, pada siklus II sebesar 100%. Ketuntasan belajar aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar 78%, pada siklus II sebesar 94%. Ketuntasan belajar aspek psikomotor pada siklus I yaitu sebesar 72%, pada siklus II sebesar 91%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing atas dalam permainan bolavoli pada peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 4 Banjar. Dengan demikian guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan disarankan lebih melihat kemampuan dan keinginan peserta didik serta guru mampu menerapkan model-model pembelajaran yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, teams games tournament, hasil belajar, bolavoli.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Kadek Martin Dwi Adnyana
Date Deposited: 22 Jul 2022 13:22
Last Modified: 22 Jul 2022 13:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item