PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TEMATIK TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DALAM KERAGAMAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NO. 4 KEROBOKAN BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Aisyah, Siti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TEMATIK TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DALAM KERAGAMAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NO. 4 KEROBOKAN BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031238-COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031238-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (600kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031238-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031238-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media teka-teki silang tematik tema Indahnya Kebersamaan dalam Keragaman untuk siswa kelas IV SD No. 4 Kerobokan Badung, dan mengetahui kelayakan media teka-teki silang. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan seluruh siswa kelas IV SD No. 4 Kerobokan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ada dua teknik analisis data, deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan yang diperoleh dari media teka-teki silang yaitu: (a) rancang bangun media teka-teki silang, media teka-teki silang yang dikembangkan berupa media konkret yang berukuran 24 x 31 cm menggunakan kertas art paper 210 gsm. Pada media teka-teki silang terdapat petunjuk permainan, kartu challenge dan spidol yang digunakan untuk mengisi teka-teki silang. Desain media teka-teki silang disesuaikan dengan materi yang digunakan, sehingga desain yang digunakan dalam media teka-teki silang yaitu rumah ibadah agama di Indonesia, beberapa ikon kartun agama di Indonesia, dan ikon telinga.; (b) hasil kelayakan media teka-teki silang diperoleh dari 3 ahli meliputi: (1) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,5%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,5%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil uji coba perorangan dengan tiga orang siswa diperoleh persentase skor 92,5%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil uji coba kelompok kecil dengan sembilan orang siswa diperoleh persentase sebesar 93,4% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba siswa hasil yang diperoleh pada kualifikasi sangat baik maka media teka-teki silang tematik tema Indahnya kebersamaan dalam Keragaman dikatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, teka-teki silang, tematik, media pembelajaran, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:19
Last Modified: 25 Jul 2022 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item