Sulistyawati, Ni Luh Gede (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI STATISTIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031071-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031071-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (572kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (925kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031071-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031071-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031071-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui validitas media pembelajaran berbasis Google Sites pada mata pelajaran Matematika dalam statistika siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites pada mata pelajaran Matematika dalam statistika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi, wawancara, kuisioner, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitiannya, yaitu (1) Media pembelajaran berbasis Google Sites yang dikembangkan memiliki validitas dengan: hasil penilaian kedua ahli materi 93% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian kedua ahli desain pembelajaran 95% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian kedua ahli media pembelajaran 92% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan 95,5% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil 92,5% dengan kualifikasi baik, dan hasil uji lapangan 91,8% dengan kualifikasi baik. (2) Berdasarkan hasil uji efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites didapatkan hasil bahwa thitung (2,25) > ttabel (2,10). Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Google Sites memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Sites, Validitas, Efektivitas, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Sulistyawati |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12733 |
Actions (login required)
View Item |