PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PENGERITINGAN RAMBUT DAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SERTA KREATIF

Savitri, Ni Luh (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN PENGERITINGAN RAMBUT DAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SERTA KREATIF. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051117-COVER.pdf

Download (233kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051117-ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051117-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051117-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051117-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penilitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Model ,Dcovery Learning Mata Pelajaran Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif, media ini berfungsi untuk mempermudah pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif pengembangan ini menggunakan software Articulate Story Line3 , kemudian penelitian ini menggunakan LMS Moodle.Penelitian ini mengunakan model Pengembangan ADDIE dan Pengembangan (R&D) adapun tahapan dari Pengembangan ADDIE yaitu Analyze,Desain,Devolopment,Implementation dan Evaluasi pada Model ini dilakukan proses evaluasi disetiap tahapan - tahapan sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.Hasil dari perolehan nilai dari uji uji ahli isi, media dan desain pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid.Pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 8,9%, pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 8,8%, dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 8,5%. Pada uji efektivitas yang dilakukan melalui memberikan pretest dan posttest, memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,91 dengan kriteria “ Efektif”. Pada uji respons peseta didik memperoleh hasil rata – rata sebesar 6,67 dengan kriteria “ Sangat Positif” dan “ Sangat Praktis”. Pada uji respons peseta guru memperoleh hasil rata – rata sebesar 46 dengan kriteria “ Sangat Positif” dan “ Sangat Praktis”. Sehingga dapat disimpilkan bahwa mediat pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional serta Kreatif sangat valid, efektif dan sangat praktis. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Pengembangan ADDIE, jenis penelitian (R&D)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Model Discovery Learning, Model Pengembangan ADDIE, jenis penelitian (R&D)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: NI LUH SAVITRI
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:49
Last Modified: 16 Sep 2022 02:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item