Diguna, I Wayan Anggra (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031270-COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031270-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031270-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (41kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031270-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031270-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031270-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031270-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031270-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031270-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengungkap fakta tentang dampak pembelajaran online di masa pandemi covid-19 terhadap keterampilan kolaboratif siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus X Kecamatan Kintamani. Waktu penelitian yaitu selama semester ganjil 2022/2023. Penelitian ini bersifat ex-post facto, yaitu melakukan penelitian pada suatu peristiwa yang telah terjadi untuk menemukan faktor-faktor yang menentukan sebab-sebab yang mungkin atas peristiwa yang diteliti tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Gugus X Kecamatan Kintamani, yang terdiri dari 97 siswa. Sampel dalam penelitian adalah menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel karena jumlah anggota populasi kurang dari 100. Apabila subyeknya kurang dari 100 maka diambil semua, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai t = 8.129 dengan p<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan kolaboratif kelas IV sekolah dasar sebelum dan semasa pandemi covid-19 itu berbeda sebagai dampak pembelajaran online siswa (t = 8.129 p<0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dampak pembelajaran online, keterampilan kolaboratif, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Anggra Diguna |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 05:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12886 |
Actions (login required)
View Item |