DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Diguna, I Wayan Anggra (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031270-COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031270-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031270-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031270-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031270-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031270-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031270-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031270-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031270-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengungkap fakta tentang dampak pembelajaran online di masa pandemi covid-19 terhadap keterampilan kolaboratif siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus X Kecamatan Kintamani. Waktu penelitian yaitu selama semester ganjil 2022/2023. Penelitian ini bersifat ex-post facto, yaitu melakukan penelitian pada suatu peristiwa yang telah terjadi untuk menemukan faktor-faktor yang menentukan sebab-sebab yang mungkin atas peristiwa yang diteliti tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Gugus X Kecamatan Kintamani, yang terdiri dari 97 siswa. Sampel dalam penelitian adalah menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel karena jumlah anggota populasi kurang dari 100. Apabila subyeknya kurang dari 100 maka diambil semua, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai t = 8.129 dengan p<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan kolaboratif kelas IV sekolah dasar sebelum dan semasa pandemi covid-19 itu berbeda sebagai dampak pembelajaran online siswa (t = 8.129 p<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dampak pembelajaran online, keterampilan kolaboratif, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Anggra Diguna
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:12
Last Modified: 03 Oct 2022 05:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item