Yusa, Anak Agung Gede Dirga (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS ANIMASI BAGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031090-COVER.pdf Download (492kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031090-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031090-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031090-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031090-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototype atau rancang bangun serta validitas video pembelajaran luas bangun datar berbasis animasi bagi kelas IV SD. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analyze, design, development, implementatiton dan evaluation. Dikarenakan penelitian ini dilaksanakan pada saat pandemi covid19, penelitian ini hanya dapat dilaksanakan sampai tahap analyze, design dan development. Subjek dalam penelitian ini adalah partisipan uji coba produk yang meliputi para ahli dan praktisi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas video pembelajaran luas bangun datar berbasis animasi bagi kelas IV SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dengan memberikan instrumen penilaian kepada ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan praktisi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa skor yang diperoleh melalui uji validitas produk yang kemudian dihitung rata-ratanya dan dikonversikan ke dalam tabel konversi skala lima. Rata-rata skor validitas video pembelajaran luas bangun datar berbasis animasi bagi kelas IV SD yaitu: (1) dari ahli materi pembelajaran 4,73 dengan kriteria sangat valid, (2) dari ahli media pembelajaran 4,75 dengan kriteria sangat valid, dan dari (3) praktisi 4,90 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran luas bangun datar berbasis animasi bagi kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid sehingga video pembelajaran tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, luas bangun datar, animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Gede Dirga Yusa |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 05:18 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12893 |
Actions (login required)
View Item |