PENGEMBANGAN MODUL KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Safirah, Wida (2022) PENGEMBANGAN MODUL KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011038-COVER.pdf

Download (226kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011038-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011038-LAMPIRAN.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keberterimaan modul konseling kelompok dengan strategi self-management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMA Negeri 1 Sapeken.Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research & Development).Modul yang dibuat ini merupakan instrument bagi guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling disekolah.Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dukemukakan oleh Thiagarajan (1976). Metode analisis data yang digunakan adalah Content Validity Ratio (CVR) dar Lawshe (1975) dimana melibatkan 5 ahli pakar/praktisi bimbingan konseling (BK) yang terdiri dari 3 dosen Bimbingan Konseling Undiksha dan 2 guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Sapeken, untuk menilai validitas isi (content) modul. Untuk menguji modul menggunakan 10 guru BK sebagai penilai.Untuk menguji Efektivitas modul melibatkan 10 orang siswa sebagai subjek uji coba efektivitas modul yang dikembangkan.Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa modul konseling kelompok dengan strategi self-management memiliki validitas yang baik disetip butir. Pengujian keberterimaan modul menunjukkan nilai skala 90,75 termasuk kategori A (Sangat Baik). Uji efektivitas implementasi modul konseling kelompok dengan strategi self-management untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa ditemukan tₕᵢₜ = 2,578 dengan taraf signifikansi <0,05 dan nilai ES = 0,83 yang termasuk dalam kategori ES Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Konseling Kelompok, Strategi Self-Management, Disiplin Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Wida Safirah
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:31
Last Modified: 13 Oct 2022 08:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12999

Actions (login required)

View Item View Item