PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 3 SUKAWATI

Sumitadewi, Ni Luh Sri Novi (2022) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 3 SUKAWATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029091009-COVER)
2029091009-Cover.pdf

Download (535kB)
[img] Text (2029091009-ABSTRAK)
2029091009-Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text (2029091009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091009-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (391kB)
[img] Text (2029091009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091009-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (2029091009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (2029091009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2029091009-BAB 5 PENUTUP)
2029091009-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (2029091009-DAFTAR PUSTAKA)
2029091009-Daftar Pustaka.pdf

Download (472kB)
[img] Text (2029091009-LAMPIRAN)
2029091009-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS (2 ) menganalisis aktivitas belajar siswa setelah diimplementasikannya Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping (3 ) menganalisis hasil belajar siswa setelah diimplementasikannya Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping (4) menganalisis pengimplementasian Model kooperatif tipe STAD berbantuan media mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Sukawati. Berkenaan dengan itu, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek sasaran perbaikan dalam PTK ini adalah Kelas VIII F SMP Negeri 3 Sukawati dengan jumlah siswa 41 orang. Data dikumpulkan menggunakan metode tes (data hasil belajar siswa) dan observasi (data pengimplementasian pembelajaran dan data aktivitas belajar siswa) yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif (rumusan masalah 1, 2, dan 3) dan deskriptif kuantitatif (rumusan masalah 4). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media mind mapping telah diimplementasikan guru dalam membelajarkan IPS dengan nilai mencapai 80,83 terkategori baik; (2) penerapan pembelajaran kooperatif tife STAD berbantuan media mind mapping mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan peningkatan sebesar 23,7% (dari rata-rata 57,60 pada Siklus 1 menjadi 81,34 pada Siklus II; (3) Hasil belajar siswa tergolong tinggi dengan peningkatan sebesar 10,63% (dari rata-rata 69,80 pada Siklus 1 menjadi 81,90 pada siklus 2; (4) terdapat pengaruh yang signifikan pengimplementasian Model kooperatif tipe STAD berbantuan media mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar (taraf signifikasi 5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tife STAD berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berkenaan dengan itu, guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe STAD berbantuan Media Mind Mapping dalam mengatasi permasalahan pembelajaran yang sejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Media Mind Mapping, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Luh Sri Novi Sumitadewi
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:48
Last Modified: 12 Oct 2022 08:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item