PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BOLABASKET

Sudiasa, Putu Agus (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BOLABASKET. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029121006-COVER)
2029121006-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2029121006-ABSTRAK)
2029121006-Abstrak.pdf

Download (489kB)
[img] Text (2029121006-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029121006-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (251kB)
[img] Text (2029121006-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029121006-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (2029121006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029121006-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (2029121006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029121006-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (2029121006-BAB 5 PENUTUP)
2029121006-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (2029121006-DAFTAR PUSTAKA)
2029121006-Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text (2029121006-LAMPIRAN)
2029121006-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan pengaruh model PBL terhadap hasil belajar, pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar serta pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ialah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2021-2022. Jumlah populasi penelitian ini adalah 248 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan test hasil belajar dan angket motivasi belajar. Penelitian dilaksanakan selama enam minggu, terbagi dalam tiga kegiatan yakni tes awal (pretest), perlakuan (treatment) dan tes akhir (post-test). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Peserta didik yang mengikuti model PBL memperoleh peningkatan rata-rata skor hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Hasil belajar bola basket peserta didik lebih tinggi diperoleh oleh peserta didik yang belajar menggunakan model PBL, hal tersebut terjadi akibat keunggulan-keunggulan dari model PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) Pembelajaran bolabasket dengan model PBL terbukti lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional karena kesesuain antara karakteristik pembelajaran bolabasket dengan model PBL. (4) Adanya interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar bolabasket. Kedua model pembelajaran meningkatkan hasil belajar, namun model PBL memberikan peningkatan lebih besar dari pada model pembelajaran konvensional pada peserta didik yang memeiliki motivasi belajar tinggi. Saran yang bisa peneliti berikan diantaranya: (1) Guru hendaknya menggunakan model peembelajaran PBL sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Motivasi belajar yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Untuk mengetahui kemungkinan hasil yang berbeda pada pokok bahasan yang lainnya, maka kepada rekan-rekan sejawat untuk melakukan penelitian yang sejenis pada pokok bahasan yang lainnya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Model Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Putu Agus Sudiasa
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:23
Last Modified: 17 Oct 2022 02:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item