Rizkia, Rika (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSOSIAL SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011058-COVER.pdf Download (170kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011058-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011058-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji keefektifan panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk membantu meningkatkan keterampilan prososial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D yang menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang sebagai subjek peneliti diantaranya 3 orang dosen bimbingan konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru bimbingan konseling MAN 1 Jembrana. Berdasarkan perhitungan pakar didapatkan CVR (content validity ratio) mendapatkan hasil 25. Selanjutnya menghitung nilai CVI (Content Validity Index) berdasarkan perhitungan penilaian pakar didapatkan CVI sebesar 1 , nilai ini termasuk kedalam kategori sangat sesuai. Untuk menguji panduan menggunakan 10 guru BK sebagai penilai, Pengujian keberterimaan paduan menunjukkan nilai skala 3,59 termasuk kategori B (Baik). Selanjutnya keefektifitasan buku panduan ini melibatkan melibatkan 25 orang siswa sebagai subjek. Dari 33 butir instrument yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan buku panduan berlandaskan teori bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan prososial siswa. Memiliki validitas yang baik untuk setiap butirnya. Pengujian hipotesis ini menunjukan bahwa pengembangan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan prososial siswa dengan t-hitung 6,765 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES = 0,937 yang termasuk kategori ES tergolong tinggi. Buku panduan yang telah dihasilkan ini dapat dijadikan sebagai instrument bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian eksperimen mengenaiketerampilan prososial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku panduan,Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, keterampilan Prososial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Rika Rizkia |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 05:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 05:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13210 |
Actions (login required)
View Item |