Pengaruh Problem Based Learning Flipped Classroom berbantuan Video Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Raharja, Kadek Arya Teguh (2022) Pengaruh Problem Based Learning Flipped Classroom berbantuan Video Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029071003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029071003-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (653kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029071003-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem based learning flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Singaraja. Populasi penelitian adalah 12 kelas (kelompok belajar) dengan jumlah 399 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dipilih dengan teknik group random sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar. Uji hipotesis yang digunakan adalah multivariate analysis of covariant (MANCOVA). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar secara bersama sama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Problem Based learning Flipped Classroom (PBLFC) dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Direct Flipped Classroom (DFC) dengan nilai signifikansi 0,000. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBLFC dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DFC dengan nilai signifikansi 0,002. 3) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBLFC dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model DFC dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara variabel terikat dengan variabel kontrol, dimana kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PBLFC lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model DFC.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, flipped classroom, video interaktif, berpikir kritis, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Kadek Arya Teguh Raharja
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:14
Last Modified: 18 Oct 2022 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13215

Actions (login required)

View Item View Item