Pratama, Made Dendy (2020) PENERAPAN WORKPLACE STRETCHING EXERCISE DAPAT MENURUNKAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN KEBOSANAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041044-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041044-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041044-LAMPIRAN.pdf Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan workplace stretching exercise dapat menurunkan keluhan muskuloskeletal dan kebosanan peserta didik serta kontribusinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan randomized pre and post test group design (treatment by subject design) atau rancangan sama subjek dengan variabel berupa (a) keluhan muskuloskeletal peserta didik didata dengan kuesioner Nordic Body Map, (b) kebosanan peserta didik yang didata dengan kuesioner kebosanan yang sudah valid dan reliabel, dan (c) kontribusi keluhan muskuloskeletal dan kebosanan terhadap prestasi belajar peserta didik yang didata dengan memberikan tes di akhir pembelajaran. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini berupa workplace stretching exercise. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-paired dan uji regresi pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t-paired didapatkan nilai p=0,0001 (p< 0,05). Itu berarti terdapat penurunan yang signifikan pada keluhan muskuloskeletal dan kebosanan sebesar 33,90% dan penurunan kebosanan sebesar 28,90% serta keluhan muskuloskeletal dan kebosanan tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik karena kontribusinya hanya sebesar 1,,4%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan workplace stretching exercise dapat menurunkan keluhan muskuloskeletal dan kebosanan peserta didik, akan tetapi keluhan muskuloskeletal dan kebosanan tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar. Kata kunci: Kebosanan, Keluhan muskuloskeletal, Prestasi belajar, workplace stretching exercise
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebosanan, Keluhan muskuloskeletal, Prestasi belajar, workplace stretching exercise |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Made Dendy Pratama |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 01:02 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
View Item |