PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN PJBL PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 KESEIMBANGAN EKOSISTEM MUATAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

WIDYASTARI, YUNI (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERPENDEKATAN PJBL PADA TEMA 5 SUBTEMA 3 KESEIMBANGAN EKOSISTEM MUATAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1811031015-COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031015-ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1811031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan perangkat pembelajaran LKPD berpendekatan PjBL berbantuan liveworksheet pada tema 5 subtema 3 muatan IPA keseimbangan ekosistem di kelas V sekolah dasar yang layak diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap (Define) Pendefinisian, (Design) Perancangan, (Develop) Pengembangan, dan (Disseminate) Penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi (isi), media, dan desain yang masing-masing berjumlah 2 orang, serta siswa kelas V SDN 1 Astina yang berjumlah 25 orang. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah validitas media LKPD berpendekatan PjBL berbantuan liveworksheet. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi produk dan angket respon peserta didik. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas materi memperoleh skor 0,965 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Skor validitas media sebesar 0,938 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Skor validitas desain sbesar 0,892 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji validitas produk, LKPD berpendekatan PjBL berbantuan liveworksheet pada tema 5 subtema 3 muatan IPA keseimbangan ekosistem telah memenuhi kriteria valid. Hasil analisis terhadap respon siswa memperoleh persentase sebesar 97,6% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, LKPD berpendekatan PjBL berbantuan liveworksheet pada tema 5 subtema 3 muatan IPA keseimbangan ekosistem layak untuk diterapkan dalam pembelajaran kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Project Based Learning, Keseimbangan Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Yuni Widyastari
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:26
Last Modified: 18 Oct 2022 06:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item