Dharmayanti, Ni Putu Irma (2022) PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814031003-COVER.pdf Download (794kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814031003-ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814031003-LAMPIRAN.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis pengimplementasian Model Case Based Learning dalam mengembangkan Critical Thinking Skills siswa pada pembelajaran geografi di SMA N 1 Kuta Utara, (2) menganalisis Critical Thinking Skills siswa setelah model Case Based Learning diimplementasikan dalam pembelajaran Geografi di SMA N 1 Kuta Utara, (3) menganalisis dampak model Case Based Learning terhadap Critical Thinking Skills siswa dalam pembelajaran Geografi di SMA N 1 Kuta Utara. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan Non-equivalent Control Group Desain. Sampel penelitian adalah Siswa kelas XI-IPS-2 (kelas eksperimen) dan kelas XI- IPS 4 (kelas Kontrol) di SMA Negeri 1 Kuta Utara beserta Guru IPS pengajar pada kelas bersangkutan yang ditentukan secara Purposive Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi yang selajutnya dianalisis menggunakan uji “t” test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model Case Base Learning yang diterapkan oleh guru di SMA Negeri 1 Kuta Utara pada kelas XI IPS 2 dalam pembelajaran geografi sudah terkategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 79.35, (2) Hasil belajar pada kelas eksperimen yang penerapan Model Case Base Learning, Critical Thinking Skills siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata eksperimen, yaitu 63,30 sedangkan nilai tertingginya adalah 82. Pada kelas control nilai rata-rata 43,77 dengan nilai tertinggi adalah 64. (3) Model Case Base Learning terbukti berdampak secara signifikan terhadap peningkatan Critical Thinking Skills siswa yang diterapkan model Case Base Learning, dibanding siswa dengan model konvensional yang dibuktikan dengan rata-rata Critical Thinking Skills yang diperoleh siswa kelas eksperimen setelah penerapan model Case Base Learning, yaitu 74,89, lebih tinggi dibanding penerapan model konvensional pada kelas control, yaitu 61,27 Kata Kunci: Critical Thinking Skills, Model Case Based Learning, Pengembangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical Thinking Skills, Model Case Based Learning, Pengembangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Irma Dharmayanti |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 02:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 02:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13235 |
Actions (login required)
View Item |