The Use of Collaborative Learning Method in Teaching Reading Activities in EFL SMPN 4 Busungbiu through Online Learning

Sopiani, Kadek Mawar (2022) The Use of Collaborative Learning Method in Teaching Reading Activities in EFL SMPN 4 Busungbiu through Online Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1812021211- COVER)
1812021211- COVER.pdf

Download (702kB)
[img] Text (1812021211-ABSTRAK)
1812021211-ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text (1812021211- BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021211- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text (1812021211- BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021211- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (1812021211-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021211- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (1812021211- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021211- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (1812021211- BAB 5 PENUTUP)
1812021211- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (1812021211- DAFTAR PUSTAKA)
1812021211- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (1812021211-LAMPIRAN)
1812021211- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara guru menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dalam mengajar membaca pada siswa EFL di SMPN 4 Busungbiu dalam pembelajaran online dan menganalisis kesulitan guru dalam menerapkan metode pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris, siswa IXA dan siswa IXC. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatat, mengamati, dan mencatat jawaban guru dari hasil wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dalam kegiatan membaca melalui pembelajaran online telah dilakukan dengan menggunakan breakout room untuk setiap kelompok siswa untuk melakukan kegiatan diskusi kelompok. Pengamatan juga menunjukkan bahwa guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran baik dalam diskusi kelompok maupun dalam mendiskusikan hasil diskusi kelompok. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa cara guru menerapkan metode pembelajaran kolaboratif membuat siswa meningkatkan keterampilan membaca mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran kolaboratif, pembelajaran online, membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Mawar Sopiani
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:38
Last Modified: 21 Oct 2022 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item