PENGGUNAAN YOUTUBE “TRANS FOOD CHANNEL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII 3 SMP SWASTA MASEHI BERASTAGI

Sembiring, Herdilla Br (2022) PENGGUNAAN YOUTUBE “TRANS FOOD CHANNEL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII 3 SMP SWASTA MASEHI BERASTAGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011036-COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011036-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1812011036-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011036-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran teks prosedur melalui penggunaan YouTube “Trans Food Channel” siswa kelas VII 3 SMP Swasta Masehi Berastagi, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII 3 SMP Swasta Masehi Berastagi dalam menulis teks prosedur melalui penggunaan YouTube “Trans Food Channel”, mendeskripsikan respons siswa kelas VII 3 SMP Swasta Masehi Berastagi terhadap penggunaan YouTube “Trans Food Channel” dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII 3 SMP Swasta Masehi Berastagi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan angket serta dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran yang tepat pada penggunaan YouTube “Trans Food Channel” ditekankan pada prosedur dalam penulisan teks prosedur, kosa kata yang baik, dan ide dalam menulis teks prosedur, (2) penggunaan YouTube “Trans Food Channel” dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Pada pratindakan skor rata-rata siswa sebesar 69 kategori (cukup), siklus 1 memproleh nilai rata-rata sebesar 77,1 kategori (baik), sedangkan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 85,6 kategori (baik), (3) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap Penggunaan YouTube “Trans Food Channel”. Pada siklus diperoleh rata-rata 25,7(positif), sedangkan siklus II memproleh rata-rata 27,8(sangat positif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media youtube, teks prosedur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Herdilla Br Sembiring
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:54
Last Modified: 19 Oct 2022 05:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item