PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ACTIVITY BOARD UNTUK MENGENALKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARAPAN IBU

Suryani, Gusti Ayu Tara Ari (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ACTIVITY BOARD UNTUK MENGENALKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARAPAN IBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811061004-COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811061004-ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (707kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811061004-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia activity board untuk mengenalkan bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu : Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Instrumen mengukur tingkat validitas multimedia activity board menggunakan angket. Subjek penelitian adalah tiga ahli yaitu: ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. Uji coba dilakukan dengan uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan untuk mengetahui kelayakan dari media activity board. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Media activity board dinyatakan valid oleh para ahli dan hasil uji yang dilakukan secara langsung di sekolah dengan rata-rata nilai CVR = 1,00 dan CVI = 1,00. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia activity board untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia 4-5 tahun di TK Harapan Ibu dengan mendapatkan hasil validitas dengan kualifikasi sangat tinggi sehingga media activity board layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, multimedia, activity board, bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Tara Ari Suryani
Date Deposited: 20 Oct 2022 00:40
Last Modified: 20 Oct 2022 00:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13366

Actions (login required)

View Item View Item