PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA SMP MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI NILAI KARAKTER

Suryaningsih, Ni Kadek Melya (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA SMP MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI NILAI KARAKTER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071004-COVER.pdf

Download (346kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071004-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071004-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik, (2) validitas, (3) tingkat kepraktisan, (4) dan tingkat keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP Model Problem Based Learning Berorientasi Nilai Karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perancangan (design), (3) dan tahap pengembangan (develop). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas, angket kepraktisan, dan angket keterbacaan. Subjek penelitian ini meliputi subjek uji validitas yang terdiri atas 2 orang ahli Pendidikan IPA, subjek uji kepraktisan yang terdiri atas 5 orang guru IPA dan uji keterbacaan terdiri atas 10 orang peserta didik. Karakteristik LKPD IPA model Problem Based Learning berorientasi nilai karakter yaitu LKPD IPA sesuai sintaks model pembelajaran Problem Based Learning, pokok bahasan pada LKPD IPA yaitu materi Cahaya dan Alat Optik yang terdiri atas empat LKPD, LKPD IPA memuat aktivitas belajar yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter, dan masing-masing LKPD menyajikan fenomena yang kontekstua. Tingkat validitas LKPD IPA mendapat skor rata-rata 1,00 dengan kualifikasi sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru menunjukkan rata-rata hasil 3,68 dengan kualifikasi sangat praktis. Hasil uji keterbacaan peserta didik menunjukkan rata-rata skor 3,7 dengan kualifikasi sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA model Problem Based Learning berorientasi nilai karakter maka LKPD IPA ini dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Nilai Karakter, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Kadek Melya Suryaningsih
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:40
Last Modified: 20 Oct 2022 03:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item