Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Suwitri Kesumayanti, Rai (2022) Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071012-COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071012-ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071012-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul elektronik IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan tahapan: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop karena berbagai keterbatasan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket uji kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan pada uji kevalidan menggunakan tabulasi silang Gregory. Teknik analisis data untuk uji kepraktisan dan keterbacaan menggunakan rumus P = f/N x 100%. Hasil penelitian pengembangan produk ini yaitu terdapat beberapa karakteristik modul elektronik IPA berbasis discovery learning berbantuan mind mapping. Uji kevalidan diperoleh skor rata-rata 0,94 dengan kategori validitas sangat tinggi. Uji kepraktisan diperoleh nilai 86,4% dengan kategori sangat praktis. Uji keterbacaan diperoleh nilai 87,9% dengan kategori sangat terbaca. Kesimpulannya yaitu modul elektronik IPA berbasis discovery learning berbantuan mind mapping pada materi objek IPA dan pengamatannya ini dinyatakan validitasnya sangat tinggi, sangat praktis, dan sangat terbaca serta dapat dilanjutkan ke tahap uji keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik IPA, Discovery Learning, Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Rai Suwitri Kesumayanti
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:33
Last Modified: 20 Oct 2022 07:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13409

Actions (login required)

View Item View Item