Suwitri Kesumayanti, Rai (2022) Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071012-COVER.pdf Download (500kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071012-ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071012-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul elektronik IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan tahapan: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop karena berbagai keterbatasan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket uji kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan pada uji kevalidan menggunakan tabulasi silang Gregory. Teknik analisis data untuk uji kepraktisan dan keterbacaan menggunakan rumus P = f/N x 100%. Hasil penelitian pengembangan produk ini yaitu terdapat beberapa karakteristik modul elektronik IPA berbasis discovery learning berbantuan mind mapping. Uji kevalidan diperoleh skor rata-rata 0,94 dengan kategori validitas sangat tinggi. Uji kepraktisan diperoleh nilai 86,4% dengan kategori sangat praktis. Uji keterbacaan diperoleh nilai 87,9% dengan kategori sangat terbaca. Kesimpulannya yaitu modul elektronik IPA berbasis discovery learning berbantuan mind mapping pada materi objek IPA dan pengamatannya ini dinyatakan validitasnya sangat tinggi, sangat praktis, dan sangat terbaca serta dapat dilanjutkan ke tahap uji keefektifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik IPA, Discovery Learning, Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Rai Suwitri Kesumayanti |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 07:33 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 07:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13409 |
Actions (login required)
View Item |