Tertiana, Dinna (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERMUATAN TRI HITA KARANA MATERI GAYA PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031066-COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031066-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031066-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran komik digital bermuatan Tri Hita Karana materi gaya pada tema 8 subtema 1 kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Development atau pengembangan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah media pembelajaran komik digital yang diuji coba oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi untuk mengetahui validitas dari media. Sedangkan untuk mengetahui kepraktisan dari media komik digital dilihat dari respon praktisi, dalam hal ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan media komik digital. Metode wawancara dan kuesioner melalui Google Form serta pemberian instrumen penilaian digunakan dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan rumus persentase kemudian dikonversi ke dalam tabel skala lima. Hasil validitas media dari ahli materi sebesar 98% masuk dalam kualifikasi sangat baik. Hasil validitas media dari ahli media sebesar 95% masuk dalam kualifikasi sangat baik. Hasil kepraktisan yang didapat dari guru sebesar 98% termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan hasil kepraktisan dari siswa sebesar 96% termasuk kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital bermuatan Tri Hita Karana materi gaya pada tema 8 subtema 1 kelas IV valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, gaya, Tri Hita Karana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dinna Tertiana |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 04:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 04:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13419 |
Actions (login required)
View Item |